Kamis, 21 Juli 2011

CARA PERKECAMBAHKAN CARICA DIENG DI YOGYAKARTA


Oleh :

SOFYAN WIWIET SANTIKO
132060015/PA

2011

PENELITIAN CARICA DIENG DI YOGYAKARTA
OLEH :FYAN WIWIET 



PELAKSANAAN PENELITIAN

 a. Persiapan Media

Menyiapkan  tanah,  pupuk  kandang  sapi,kambing dan ayam. Mengisi kantong plastik dengan media sesuai dengan perlakuan. Pupuk kandang sapi, kambing dan ayam dengan cara membeli.
b.   Persiapan Benih

Benih yang digunakan adalah biji berasal dari buah yang telah tua atau masak aktual di pohon. Buah dibelah, benih diambil biji yang terletak  di  bagian  tengah  buah.  Biji  untuk  benih  dibersihkan  dari lapisan  tipisn  dengan  menggunakaabu  dapur,  kemudian  dicuci, setelah itu dikeringkan selama 2 hari di bawah sinar matahari.
c Persiapan dan Perendaman dalam Atonik

Atonik    ml   diencerka denga aquade hingg volume mencapai 1 L, kemudian digojog hingga homogen, setelah itu biji yang telah kering (setelah 2 hari) direndam dalam larutan atonik sesuai perlakuan.
d.   Penyemaian
Biji setelah direndam atonik disemai pada polybag yang telah diisi media semai sesuai perlakuan, kemudian media semai dilubangi sedalam 1 cm kemudian dimasukkan 2 biji yang sudah direndam atonik.

Cara Perkecambahkan carica Dieng Versi Fyan wiwiet ;
Biji yang sudah direndam atonik selama 2 jam di tiriskan kemudian biji tersebut dimasukkan ke dalam media tanam (tanah + pupuk) kemudian disiram setiap pagi dan sore. kalau biji carica saya selama 2 minggu atau kurang lebih 14 hari. kemudian muncul perkecambahan pertama dan terus muncul perkecambahan yang berikutnya (dormbansi yang lumbayan lama) 
Daun tanaman carica dieng berbeda dengan Pepaya Biasa.


 BUKTI FOTO DILAKUKAN DI KOST DI WILAYAH CONDONG CATUR
YOGYAKARTA








Tidak ada komentar: